sikap

  1. 1. Definisi Sikap

Menurut Nurhasan (2001:113), sikap dapat diartikan sebagai kesiapan berbuat yang tertuju pada objek tertentu. Seperti terhadap lembaga atau objek sosial.

Pengukuran sikap mengungkapkan kecenderungan seseorang dalam menetapkan pilihanya dalam sebuah rentang pilihan, sangat suka-sangat tidak suka terhadap suatu objek.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa sikap adalah respon yang berupa tanggapan seseorang terhadap pernyataan-pernyataan dalam sebuah rentang pilihan, sangat suka-sangat tidak suka terhadap suatu objek.

Begitu juga dengan sikap siswa terhadap kegiatan pembelajaran matematika pada suatu materi menggunakan suatu model, netode, media pembelajaran serta alat bantu pembelajaran. Sikap yang dimaksud adalah respon siswa yang berupa tanggapan dari pernyataan-pernyataan meliputi respon terhadap materi, model, metode, media pembelajaran, alat bantu pembelajaran,  penampilan guru, kemampuan guru, dan keinginan siswa dengan pelajaran yang serupa, yang diukur melalui angket dengan pola respons terentang dalam lima alternatif pilihan jawaban, yaitu : sangat setuju, setuju, tiada pendapat, tidak setuju, sangat tidak setuju dengan pemberian skor pada setiap kategori pernyataan yang direspon oleh responden disesuaikan dengan alternatif pilihan jawaban yaitu :

a)      Untuk pernyataan yang positif, pemberian skor pada setiap alternatif jawaban yaitu : 5, 4, 3, 2, 1. jadi untuk alternatif pilihan sangat setuju diberi skor 5, setuju diberi skor 4, tiada pendapat diberi skor 3, tidak setuju diberi skor  2, dan sangat tidak setuju diberi skor 1.

b)      Untuk pernyataan yang negatif, pemberian bobot skor pada setiap alternatif pilihan jawaban, dengan urutan yaitu : 1, 2, 3, 4, 5. untuk alternatif pilihan jawaban sangat setuju diberi skor 1, setuju diberi skor 2, tiada pendapat diberi skor 3, tidak setuju diberi skor  4, dan sangat tidak setuju diberi skor 5.

Adapun jenis angket yang digunakan sebagai alat ukur sikap siswa terhadap kegiatan pembelajaran matematika pada suatu materi pokok model, metode, media, alat bantu pembelajaran adalah angket tertutup yang terdiri atas pernyataan dengan lima alternatif pilihan jawaban, yaitu :

1)      Sangat Setuju

2)      Setuju

3)      Tiada pendapat

4)      Tidak setuju

5)      Sangat tidak setuju

Tinggalkan komentar